PELAKSANAAN PEMOTONGAN HEWAN QURBAN PPTQ DARUL FIKRI

0
53

• PELAKSANAAN PEMOTONGAN HEWAN QURBAN PPTQ DARUL FIKRI
Semarak Hari Raya Idul Adha 1441 H sudah terasa sejak H-1 kala gema takbir sudah berkumandang sepanjang malam. Puncaknya, adalah perayaan hari raya yang kerap juga dinamakan Idul Qurban pada Jum’at (31/7) pagi dengan Sholat Id berjamaah dan dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban.

Hampir di setiap sudut wilayah berlangsung prosesi pemotongan hewan qurban sebagai praktik ibadah sunnah yang sangat diutamakan pada bulan Dzulhijjah ini. Tak terkecuali Pondok Pesantren Tahfidz Al Quran Darul Fikri Sidoarjo,dalam idul qurban kali ini PPTQ Darul Fikri Sidoarjo senantiasa bekerja sama dengan Dompet Alqur’an Indonesia.
Prosesi penyembelihan hewan qurban tahun ini sama saja dengan tahun-tahun yang lalu,namun yang berbeda adalah penyembelihan yang biasanya dilakukan di Pondok Pesantren Darul Fikri untuk kali ini dialihkan ke tempat penyembelihan hewan di Mojokerto.Penyembelihan dipusatkan ditempat tersebut,setelah dari sana kemudian dikemas dan siap didistribusikan ke masyarakat.

Sebanyak 27 kambing dan 2 sapi diqurbankan di tahun ini, Kambing dan sapi yang berada di lokasi penyembelihan merupakan qurban yang telah ditunaikan para muhsini yang ingin berqurban di Darul Fikri.Selain itu, wali santri hingga santri pun tak kalah semangat untuk ikut berqurban di tahun ini.

Di tahun ini pula Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Darul Fikri Sidoarjo juga mempunyai program baru yang tentunya bekerja sama dengan Dompet Al-Qur’an Indonesia,yaitu membagikan daging qurban dalam bentuk kornet, ketua panitia sekaligus penanggung jawab qurban Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Darul Fikri, Ustadz Muhammad Mukarromin kala ditemui di lokasi penyembelihan hewan qurban menyampaikan, “alhamdulillah, pemotongan hewan qurban sudah kami laksanakan, di sini ada 2 sapi dan 27 ekor kambing, ada yang dari santri, wali santri ,danada juga yang dari para muhsinin.Selain dalam bentuk daging Insyaa Allah kami juga membagikan dalam bentuk kornet kaleng dengan harapan nantinya dapat dinikmati dalam jangka waktu yang lama oleh masyarakat sekitar juga para karyawan Ponpes Dafi”.

Dewan pembina sekaligus sekretaris majelis kyai PPTQ Darul Fikri, Kyai Syaiful Arifin yang menyempatkan hadir di tengah-tengah panitia qurban untuk ikut membantu proses penyembelihan hewan hingga pemotongan daging mendoakan para pequrban agar ibadah qurbannya di tahun ini menjadi pahala yang berlipat ganda di mata Allah Subhaanahu Wata’ala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here