MUTIARA HADITS 31 Januari 2020: KEUTAMAAN WUDHU

0
125
MUTIARA HADITS, Jumat, 7 Februari 2020, KEUTAMAAN ADZAN
Sumber foto: https://gpswisataindonesia.info/2018/12/mempertahankan-kualitas-mutiara/

KEUTAMAAN WUDHU
عن أَبي هريرة – رضي الله عنه – : أنَّ رسول الله أتى المقبرة، فَقَالَ: «السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَومٍ مُؤْمِنِينَ، وَإنَّا إنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لاَحِقُونَ، وَدِدْتُ أنَّا قَدْ رَأَيْنَا إخْوانَنَا» قالوا: أوَلَسْنَا إخْوَانَكَ يَا رسول الله؟ قَالَ: «أنْتُمْ أصْحَابِي، وَإخْوَانُنَا الَّذِينَ لَمْ يَأتُوا بَعْدُ» قالوا: كَيْفَ تَعْرِفُ مَنْ لَمْ يَأتِ بَعْدُ مِنْ أُمَّتِكَ يَا رَسولَ الله؟ فَقَالَ: «أرَأيْتَ لَوْ أنَّ رَجُلًا لَهُ خَيلٌ غُرٌّ مُحَجَّلَةٌ بَيْنَ ظَهْرَيْ خَيْلٍ دُهْمٍ بُهْمٍ ، ألا يَعْرِفُ خَيْلَهُ؟» قالوا: بَلَى يَا رسول الله، قَالَ: «فإنَّهُمْ يَأتُونَ غُرًّا مُحَجَّلينَ مِنَ الوُضُوءِ، وأنَا فَرَطُهُمْ عَلَى الحَوْضِ». رواه مسلم.
Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah mendatangi suatu kuburan lalu mengucapkan: ” Keselamatan atas kalian (di) tempat tinggal orang-orang mukmin, dan kita semua Insya Allah akan menyusul kalian. Saya ingin kalau kita sudah dapat melihat saudara-saudara kita.” Para sahabat berkata: “Bukankah kita ini saudara-saudaramu wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Engkau semua adalah sahabat-sahabatku, sedang saudara-saudara kita itu masih belum datang”. Para sahabat berkata pula: “Bagaimanakah engkau dapat mengetahui orang yang masih belum datang dari golongan umatmu ya Rasulullah?” Beliau s.a.w. bersabda: “Bagaimanakah pendapatmu, sekiranya ada seorang lelaki mempunyai seekor kuda yang putih bersih kepalanya, putih pula kaki-kakinya berada di samping kuda yang hitam polos, tidakkah pemilik itu dapat mengetahui kudanya sendiri?” Para sahabat menjawab: “Ya, tentu dapat, ya Rasulullah.” Beliau bersabda: “Sesungguhnya umatku akan datang dalam keadaan bercahaya wajahnya serta putih bersih tubuhnya dari sebab berwudhu’ dan saya adalah yang terlebih dulu dari mereka itu untuk datang ke telaga haudh.” (Riwayat Muslim)

baca juga:Tahajud dengan 1 Juz dalam QSC

Pelajaran yang dapat diambil dari hadits di atas:
1. Kerinduan Rasulullah atas umatnya di masa mendatang karena mereka mau beriman kepada beliau meski tidak berjumpa langsung dengan beliau.
2. Keistimewaan umat Rasulullah dibandingkan umat-umat yang lain yaitu keluarnya cahaya dari tubuh mereka bekas basuhan/usapan air wudhu sehingga Rasulullah saw. bisa membedakan umatnya dan umat-umat yang lain
3. Para pakar bahasa berkata kata (الْغُرَّةُ) berarti warna putih di dahi kuda, dan kata (التَّحْجِيلُ) berarti warna putih dikedua kaki depan dan belakangnya. Kemudian para ulama mengartikan dua kata di atas dengan cahaya yang akan memancar pada hari kiamat dari anggota wudhu diatas.
4. Anjuran untuk melebihkan basuhan/usapan ketika berwudhu melebihi kadar wajib agar kelak semakin bercahaya.
5. Kemuliaan Rasulullah yang mana beliau dianugerahkan oleh Allah sebuah telaga yang bernama Al Kautsar yang keutamaannya disebutkan dihadist lain yang artinya:
“ … Barang siapa meminum airnya, maka ia tidak akan merasa haus. Lebarnya sama dengan panjangnya, yaitu seukuran antara Amman dan Ailah. Airnya lebih putih dari pada susu dan rasanya lebih manis dari pada manisnya madu.” (HR. Muslim, no. 2300)

Sumber: https://salafy.or.id/blog/2019/02/14/keutamaan-keutamaan-berwudhu/

Ayat Alquran & Hadist yang berkaitan dengan tema diatas:
1. Allah mencintai hambaNya yang mensucikan diri
إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ
: “ Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. QS. Al Baqarah: 222 ”.
2. Wudhu pelebur dosa
قَالَ رسول الله : «من تَوَضَّأ فَأَحْسَنَ الوُضُوءَ، خَرَجَتْ خَطَايَاهُ مِنْ جَسَدِهِ حَتَّى تَخْرُج مِنْ تَحْتِ أَظْفَارِهِ». رواه مسلم
Rasulullah bersabda: “ barangsiapa yang memperbaiki wudhunya, maka dosa-dosanya akan keluar dari tubuhnya sehingga keluar dari bawah jari-jemarinya ”.HR Muslim.
3. Menjaga wudhu ciri orang beriman
: ” … وَلَا يُحَافِظُ عَلَى الْوُضُوءِ إِلَّا مُؤْمِنٌ”

“ …Dan tidak ada (orang yang bisa menjaga) wudhu melainkan orang beriman” {HR. Al-Hakim dan Ibnu Hibban}
4. Anjuran membaca doa berikut setelah wudhu
Rasulullah bersabda: “ Siapa yang berwudhu dengan memperbagus wudhunya lalu ia mengucapkan:
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ
(artinya: Aku bersaksi bahwasanya tiada sesembahan yang benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku hamba yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagai orang yang bersuci), dengan ia membacanya melainkan akan dibukakan baginya delapan pintu surga, ia akan masuk lewat pintu mana saja yang ia mau.” {HR. Tirmidzi}.
5. Anjuran shalat dua rakaat usai wudhu
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ قَالَ لِبِلاَلٍ: «يَا بِلاَلُ، حَدِّثْنِي بِأَرْجَى عَمَلٍ عَمِلْتَهُ فِي الإِسْلاَمِ، فَإنِّي سَمِعْتُ دَفَّ نَعْلَيْكَ بَيْنَ يَدَيَّ في الجَنَّةِ» قَالَ: مَا عَمِلْتُ عَمَلًا أَرْجَى عِنْدِي مِنْ أَنِّي لَمْ أَتَطَهَّرْ طُهُوْرًا فِي سَاعَةٍ مِنْ لَيْلٍ أَوْ نَهَارٍ إِلاَّ صَلَّيْتُ بِذَلِكَ الطُّهُورِ مَا كُتِبَ لِي أَنْ أُصَلِّ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ،وَهَذَا لَفْظُ البُخَارِي.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah berkata kepada Bilal, “Wahai Bilal, ceritakanlah kepadaku tentang satu amalan yang engkau lakukan di dalam Islam yang paling engkau harapkan pahalanya, karena aku mendengar suara kedua sandalmu di surga.” Bilal menjawab, “Tidak ada amal yang aku lakukan yang paling aku harapkan pahalanya daripada aku bersuci pada waktu malam atau siang pasti aku melakukan shalat dengan wudhu tersebut sebagaimana yang telah ditetapkan untukku.” (Muttafaqun ‘alaih. Lafal hadits ini adalah milik Bukhari)

والله أعلم بالصواب
Semoga kita selalu mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan dimudahkan untuk beramal sholeh.
Aamiin Ya Rabbal ‘Aalamiin
Hanya Allah-lah yang memberi taufik dan hidayah…

baca juga: Bersiap Menjadi Generasi Qurani

 

📲 BIDANG DAKWAH
PONDOK PESANTREN TAHFIDZ ALQURAN DARUL FIKRI SIDOARJO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here