KEUTAMAAN PUASA ARAFAH

0
78
  • PUASA ARAFAH

 

Puasa arafah adalah salah satu puasa sunnah dalam Islam yang dikerjakan satu tahun sekali, yaitu setiap tanggal 9 bulan Dzulhijjah. Bulan ini merupakan salah satu bulan dalam kalender Hijriah yang sangat ditunggu oleh umat Islam.  Ya, karena di bulan inilah Hari Raya Idul Adha dirayakan oleh seluruh umat Islam dari berbagai penjuru dunia.

Pada tanggal ini juga  bertepatan dengan momentum jama’ah haji yang sedang wukuf  di Arafah,sehingga umat Islam yang tidak sedang melaksanakan rukun ibadah haji, dianjurkan untuk menunaikan ibadah puasa sunnah ini. Para ulama sepakat mengkategorikan puasa sunnah ini menjadi salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan, atau biasanya diberi istilah sunnah muakkad.

Puasa Arafah memiliki keutamaan yang luarbiasa ,maka tak heran jika banyak umat muslim yang berbondong¬-bondong menunaikan puasa ini demi meraih keutamaan di dalamnya.

Salah satu keutamaan  puasa arafah adalah menghapuskan dosa yang telah dilakukan. Tak tanggung-tanggung, dosa yang dihapus adalah dosa satu lalu dan juga dosa yang akan terjadi di satu tahun yang akan datang.Seperti sabda Rosulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam :

 

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

“Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

Tata cara puasa Arafah sama dengan tata cara puasa pada umumnya. Yakni:

1. Niat

Niat puasa arafah sebaiknya dilakukan di malam hari, sebelum terbit fajar. Namun karena ini adalah puasa sunnah, jika terlupa, boleh niat di pagi hari asalkan belum makan apa-apa dan tidak melakukan hal apapun yang membatalkan puasa.

2. Makan Sahur

Makan sahur merupakan salah satu sunnah puasa yang jika dilakukan akan mendapat pahala dan keberkahan. Namun jika tidak dikerjakan, misalnya karena bangunnya terlambat, puasanya tetap sah.

3. Menahan diri dari hal-hal yang membatalkan

Yakni menahan diri dari makan, minum, berhubungan dengan istri dan hal-hal lainnya yang dapat membatalkan puasa. Dimulai sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

4. Berbuka

Sebagaimana puasa pada umumnya baik puasa wajib maupun puasa sunnah. Buka puasa ini waktunya ketika matahari terbenam, yakni saat masuknya waktu sholat Maghrib. Menyegerakan puasa merupakan salah satu sunnah puasa.

 

Dengan keutamaan tersebut,semestinya seorang muslim tidak meninggalkan puasa ini.Maka dari itu mari berbondong-bondong melaksanakan puasa Arafah dengan niat hanya kepada Allah serta mengharapkan ampunan NYA atas dosa-dosa kita.Semoga Allah senantiasa memberikan hidayah kepada kita untuk terus beramal sholih.

Aamiin Ya Rabbal ‘Aalamiin…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here