DANDIM Sidoarjo Bekali Santri Darul Fikri Dengan Wawasan Kebangsaan

0
52

Beberapa hari yang lalu, bangsa Indonesia  merayakan Hari Kemerdekaannya yang ke-75. Hari Ulang Tahun Republik Indonesia tersebut jatuh pada 17 Agustus 2020 setiap tahunnya, yang diperingati secara meriah dari ujung Sabang sampai Merauke.

Namun, peringatan tersebut nampaknya tidak dapat dilakukan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi COVID-19 yang melanda 6 bulan terakhir ini.Seperti contoh upacara kemerdekaan yang rutin dihelat setiap 17 Agustus pagi di Istana Negara, Jakarta, tahun ini akan dilaksanakan secara lebih sederhana, minimalis, dan tentu mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus Corona jenis baru. Hal ini sesuai dalam Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020 yang dikeluarkan Menteri Sekertaris Negara.

Meski demikian,semangat masyarakat Indonesia sangat luar biasa dalam memeriahkan hari kemerdekaan tahun ini.Hampir setiap sudut wilayah di Indonesia ikut memeriahkan hari kemerdekaan RI tahun ini.Tak terkecuali Pondok Pesantren Tahfidz Al-Quran Darul Fikri Sidoarjo.

Tanggal 18 Agustus 2019 kemarin,PPTQ Darul Fikri menggelar webinar kebangsaan bertajuk ‘’Peran santri,memajukan NKRI’’  bekerja sama dengan Kodim 0816 Sidoarjo yang dihadiri oleh 500 partisipan.Dalam acara ini hadir pula dewan pembina sekaligus sekretaris majelis kyai PPTQ Darul Fikri KH.Syaiful Arifin,SS ,M,Pd juga Komandan kodim 0816 Sidoarjo,Letkol. inf. Muhammad Iswan Nusi. S. H.Dalam sambutanya KH Syaiful arifin mengatakan bahwa para santri harus tetap berkontribusi memajukan NKRI,sebab santri memiliki peran penting dalam memerdekakan Indonesia.

Sementara itu, ,Letkol. inf. Muhammad Iswan Nusi. S. H menyampaikan materi seputar wawasan kebangsaan kepada para peserta webinar.Para peserta khususnya santri terlihat sangat bersemangat menyimak dan mendengarkan materi yang disampaikan oleh Letkol. inf. Muhammad Iswan Nusi. S. H.

Di akhir acara Letkol. inf. Muhammad Iswan Nusi. S. H mengatakan ‘’Santri Darul Fikri ini sangat luar biasa,selain hafal Al-Qur’an mereka juga memiliki wawasan kebangsaan yang sangat baik,mereka ingin menjadi lebih baik dengan terus mejaga kedaulatan bangsa ini dan menjadikan bangsa ini bangsa yang maju’’ katanya. Beliau menuturkan seminar atau pembekalan wawasan kebangsaan seperti ini harus terus dilakukan karena ini merupakan hal yang sangat penting khusunya bagi generasi muda.Beliau juga berharap ada santri ataupun santriwati khusunya dari PPTQ Darul Fikri yang nantinya menjadi seorang anggota TNI/POLRI yang nantinya bisa mejadi pemimpin di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here