Aksi Guru-Guru Dafi Tangkal Corona

0
52

Pandemi wabah corona yang terjadi dewasa ini telah banyak menimbulkan dampak negatif pada masyarakat indonesia. Masyarakat kita kini tidak lagi leluasa dalam melakukan aktivitas di luar rumah. Masyarakat dibatasi dalam bepergian ke luar kota, Banyak yang mengalami pemutusan hubungan kerja, dan ada banyak yang meninggal dunia akibat wabah corona.

Dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat terdampak virus corona, guru-guru di PPTQ Darul Fikri Sidoarjo berinisiatif mengadakan agenda bertajuk “Dafi Tangkas Corona.” Agenda ini merupakan bentuk keprihatinan guru-guru Darul Fikri Sidoarjo terkait wabah virus corona yang sedang melanda Indonesia. Guru-Guru di Dafi berinisiatif untuk menyisihkan uang gaji mereka untuk membantu masyarakat sekitar pondok.

Uswatun Hasanah selaku kordinator kegiatan penggalangan dana menjelaskan sasaran bantuan pengalangan dana ini adalah masyarakat terdampak virus corona di lingkungan sekitar pondok Darul Fikri yaitu desa Anggaswangi dan desa Sarirogo, Kabupaten Sidoarjo. Jumlah estimasi dana yang dihasilan menurut Uswatun Hasanah lebih dari 7 juta setiap bulan selama 3 bulan ke depan.

“Dana sebesar itu akan disalurkan dalam bentuk pembagian sembako ke masyarakat. Kami juga ingin memberi contoh pada santri kami tentang kepedulian sosial,” jelas Uswatun Hasanah.

Selain itu, Uswatun Hasanah menambahkan telah berhasil menggandeng Dompet Al-Qur’an Indonesia untuk proses penyaluran hasil donasi ke masyarakat. Darul Fikri Sidoarjo dan Dompet Al-Qur’an Indonesia juga telah berhasil melakukan proses penyaluran bantuan tahap pertama pada 24/4. Bantuan tersebut langsung diterima oleh para ketua RT setempat.

Agung Heru Setiawan selaku direktur Dompet Al-Qur’an Indonesia merasa gembira dengan adanya kolaborasi antara Darul Fikri Sidoarjo dan Dompet Al-Qur’an Indonesia dalam penanganan wabah virus corona. Agung Heru Setiawan berharap sikap empati yang ditunjukan guru-guru Darul Fikri Sidoarjo akan ditiru buhan hanya oleh para santri mereka tapi juga sekolah-sekolah lain.

“Mudah-mudahan keteladanan guru-guru Darul Fikri akan menginspirasi lahirnya gerakan besar di sidoarjo. Kita bisa bayangkan seandainya seluruh guru dan siswa di Sidoarjo bahu-membahu untuk meringankan beban masyarakat terdampak corona. Pasti akan sangat membantu meringankan beban warga terdampak corona,” Pungkas Agung Heru Setiawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here